KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PERTEMUAN 6

 

Bandung, 20 Januari 2023

Resume           : 6

Gelombang     : 28

Materi              : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Narasumber     : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator       : Aam Nurhasanah, S.Pd

 

Assalamualaikum wr.wb Guru Hebat Se-Indonesia

Alhamdulillah malam ini sudah pertemuan ke-6 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Asuhan Om Dokjay dan PGRI. Walau diluar hujan gemercik dan suasana di kaki gunung manglayang begitu dingin mencekam tetap saya niatkan untuk tidak melewatkan materi malam ini. Kegiatan malam ini akan dipandu oleh Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd yang terkenal dengan julukan The Queen Of Book.

A.    Pembukaan

.Moderator membuka kegiatan malam ini dengan mengatakan siapkan gelas kosong untuk menampung ilmu dari Prof. Ekoji. Moderator memperkenalkan narasumber beliau adalah Prof.Richardus Eko Indrajit Seorang penulis besar yang bisa mengantarkan mimpi kita menuju penerbit mayor. Yuk kita simak dulu profil beliau.

Atau bisa melihat profile beliau melalui Link https://id.m.wikipedia.org/wiki/Richardus_Eko_Indrajit

 

B.     Pemaparan Materi

Prof Ekoji mengawali materi dengan mengucapkan salam dan menyapa seluruh peserta KBMN. Materi Prof Ekoji malam ini lebih bersifat sharing yang nantinya akan langsung praktek untuk menerbitkan buku mayor dalam dua minggu. Menurut Prof Ekoji bahwa Bu Aam adalah salah satu penulis yang hebat dan mandiri. Lalu Prof Ekoji memulai menceritakan pengalamannya menjadi penulis dari buku mayor yaitu karya tulis yang di diterbitkan oleh Penerbit Nasional.

Hingga saat ini Prof Ekoji telah menulis 121 buku mayor. Kalau artikel kurang lebih 625 artikel dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Alasan Prof Ekoji senang menulis adalah karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan dan cerita kepada orang lain. Lama – lama jadi ketagihan menulis.

Sepuluh buku pertama Prof Ekoji berisi bunga rampai, setiap buku terdiri 50 artikel, setiap artikelnya berisi ringkasan Satu Topik yang sedang menjadi trend pada saat ini. Hal lain yang membuat motivasi menulis lebih besar menurut Prof Ekoji adalah banyaknya SMS yang masuk mengucapkan Terima Kasih atas buku yang sudah dibuat. Prof Ekoji merasa hidupnya berguna untuk orang lain begitulah pentingnya penulis menuliskan nomor handphone di setiap buku yang ditulisnya.

Pada tahun 2020 ketika semua guru dan siswa PJJ Prof Ekoji memutuskan untuk menjadi Youtuber. Setiap hari membuat satu youtube yang berkaitan dengan PJJ (Karena sedang mejadi pembicaraan Nasional). Prof Ekoji membuat youtube dengan Judul yang aneh-aneh seperti : Garmification, Flipped Classroom, Colaborative Learning, Metaverse, 101 Big Data dan lain sebagainya.

Ketika Om Jay mengajak Prof Ekoji untuk mengajar guru-guru menulis, Prof Ekoji tergerak untuk bereksperimen. Setiap guru ditugaskan untuk membuka youtube dengan alamat EKOJI CHANNEL kemudian setiap guru menuliskan apapun yang Prof Ekoji omongkan di youtubenya setelah itu Prof Ekoji memberikan tambahan Referensi untuk memperkaya konten. Alhasil dari 30 guru yang berniat gabung 19 buku yang terbit. Dari 19 buku tersebut, satu buku terpilih jadi buku terbaik nasional versi perpusna untuk kategori PJJ. Hingga saat ini sudah 60 buku guru – guru yang diterbitkan oleh penerbit ANDI.

C.     Penutup

Prof Ekoji mengajak guru – guru yang tertarik untuk menulis buku mayor yang diterbitkan oleh penerbit ANDI untuk mendaftarkan diri yang nanti akan dibimbing langsung oleh Prof Ekoji dan Bu Aam.

 

Terima Kasih

Salam Kreatif

Salam Literasi

Bandung, 20 Januari 2023

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI