Kelas Belajar Menulis Nusantara

 

Bandung, Jumat 27 Januari 2023

Gelombang ke             : 28

Resume ke.                 : 9

Materi.                        : Writing is Easy

Narasumber.                : Prof DrNgainun  Naim

Moderator                   :  Lely Suryani, S.Pd., S.D

Menurut Suparno dan Muhammad ini sehingga sehingga sehingga sehingga sehingga sehingga ucapkan sekarang ucapkan sekarang diucapkan sehingga Yunus (2008:1.5)

Menulis merupakan kegiatan menyampaikan pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media atau alatnya.

 

Assalamualaikum wr wb guru hebat Nusantara.

Malam ini adalah pertemuan ke-9 kelas belajar menulis Nusantara (KBMN) yang dilaksanakan secara virtual dan dibimbing oleh Om Dokay dan PGRI. Malam ini malam yang sangat indah karena cuaca terang benderang sehingga bisa menjadi semangat yang luar biasa untuk mengikuti kuliah malam ini dengan ditemani sedikit beliau beliau cemilan sepisin pisang keju dan secangkir black coffee without sugar. Moderator malam ini Ibu Lely Suryani, Beliau yang akan memandu acara malam ini selama 2 jam.

 

A. Pembukaan

Moderator membuka acara malam ini dengan mengajak untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing. Moderator memperkenalkan narasumber malam ini yaitu bapak profesor Doktor Ngainun Naim . Beliau adalah seorang guru besar blogger dan penulis yang sudah menerbitkan 47 judul buku.

 

B. Pemaparan Materi

Prof Naim mengawali materinya dengan sebuah pertanyaan.

WRITING IS EASY??

Topik yang sangat menarik?

 

Prof Naim dalam menyampaikan materi tidak akan menjelaskan bahwa menulis itu mudah atau susah tapi mau mengajak kita semua bisa menulis. Caranya: dengan menulis Pertanyaannya:

Apa yang mau ditulis?

Misalnya:

 1.  Kita bisa menuliskan suasana bulan Ramadan

 2. Kita juga bisa menulis pertemuan kita dengan seorang sahabat. Dan lain-lain

 

Ada 4 kunci kalau menulis itu mudah

·         Kunci ke-1

Tulislah hal-hal sederhana yang kita alami Kalau kunci ke-1 itu dipraktekkan  maka menulis akan mudah.

·         Kunci kedua

Jangan nulis sambil baca lalu edit. Karena akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran atau ide Nulis itu yah nulis Keluarkan yang ada di dalam pikiran secara bebas. Selesai nulis kita tinggalkan dulu simpan di komputer jangan dibaca dulu istilahnya ENDAPKAN dulu.

Jadi misalnya kita menulis pada pagi hari maka sore hari baru kita baca tulisannya, cermati kalimat demi kalimat tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambahkan. Jika ada typo langsung perbaiki. Prinsipnya sangat sederhana meminimalkan yang tidak sesuai dengan keinginan kita kenapa? Jawabannya karena tulisan kita  adalah jejak kita

 

·         Kunci ketiga

Menulis tentang perjalanan Ini juga termasuk kategori tulisan yang mudah dibuat. Apa yang kita lakukan di perjalanan tulis. Jika kita rekreasi tulis saja hal-hal yang kita alami itu lebih mudah karena kita yang menjalaninya.nulis pengalaman pribadi lebih mudah .


·         Kunci ke-4

Menulis secara NGEMIL.

Menulis sedikit demi sedikit atau bertahap.

Contoh :

Di pagi hari kita menulis 1 paragraf lalu lalu di sekolah kita nulis lagi 2 paragraf, Sesampai di rumah kita nulis lagi 1 paragraf dan pada malam hari sebelum tidur kita nulis lagi misalnya 3 paragraf. Jadi kita menulis tapi dicicil / bertahap .

Nah , demikianlah rangkaian kuliah malam ini, materinya sungguh sangat menginspirasi sehingga saya termotivasi untuk menulis, menulis dan menulis sehingga tulisann itu  akan berbuah manis ( Aam Nurhasanah )

 

C. Penutup

Profesor Naim menutup rangkaian kegiatan malam ini dengan mengucapkan Alhamdulillah

Kata-kata motivasi dari prof Naim

 1.  Mari praktek menulis

 2. Teori menulis itu mudah

 3. Apa betul mudah?

     Jawabannya :

     Mari Menulis

 

Terima Kasih

Salam Kreatif

Salam literasi

Bandung, 27 Januari 2023

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI