KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA
Senin,
20 Februari 2023
Gelombang ke :
28
Resume ke :
19
Materi :
Menulis Buku Ajar
Narasumber :
Dr . Mudafiatun Isriyah M.Pd
Moderator :
Mutmainah
Malam ini adalah
pertemuan ke 19 kelas belajar menulis
Nusantara (kbmn) yang dilaksanakan secara virtual. Asuhan Om Dokjay dan PGRI. Materi
malam ini "menulis buku ajar". dengan narasumber Dr. Mudafiatin isriyah, M.Pd yang didampingi oleh moderator
yang start membahana yaitu ibu Mutmainah . Yang akan membersamai kita 2 jam ke
depan.
A. Pembukaan
Ibu
Mutmainnah membuka acara kegiatan malam ini diawali dengan mengajak seluruh
peserta untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing agar kegiatan ini lebih
berkah. Ibu moderator memperkenalkan narasumber malam ini yaitu Ibu Drm
mudafiatun Isriyah,M.Pd beliau adalah konselor dan penulis juga, AsesorBSN PSUD
JATIM , lulusan cumlaude prodi PAUN UNESA Surabaya . Melanjutkan studi ke
universitas Malang untuk meraih gelar doktor bimbingan konseling. Peraih buku
terbaik perpusnas 2021.
B. Pemaparan Materi
Narasumber
mengawali materinya dengan kata-kata motivasi tentang menulis.
"
Tahu engkau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis.
Suaramu takkan padam suaramu takkan padam ditelan angin, dan abadi sampai jauh,
jauh di kemudian hari."(Pramudya ananta toer)
"Menulislah
dengan tulisan jelek. Karena tulisan yang bagus hanya bonus dari
kebiasaan."
Menulis
merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, berbicara, dan
membaca. Walaupun menulis tidak mudah namun tetap harus dilakukan sebagai bukti
kita ikut memberikan sesuatu bagi
peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.
Materi
pertemuan malam ini adalah:
1. Bahan ajar vs buku ajar
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran
3. Buku ajar dan buku hasil penelitian/hasil
pemikiran
4. Cara menulis buku ajar
5. Prinsip-prinsip pemilihan materi buku aja
Pertama
yang harus kita kuasai sebagai penulis buku adalah penguasaan ilmu, kemampuan
berbahasa dan yang paling penting adalah punya komitmen.
Bagaimana Bahan Ajar VS Buku
Ajar
1. Bahan
ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan
mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan
tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan
ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis
maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang
memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. Bahan
Ajar Cetak
·
Buku Teks, Buku Referensi, dan Monograf,
Bahan Ajar Mandiri
·
Modul = BAJJ
·
Panduan = Petunjuk Pedoman,
·
Atlas = Peta
·
Diagram = Poster
·
Brosur = Leaflet = Manual
Bahan Ajar non-Cetak
•
Internet = Web Based Courses = e-learning
•
CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer
•
Slide
•
Video / TV
•
Audio / Radio
Sedangkan
Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
Buku
Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara
logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa
dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Nah
dari sini bapak ibu sdh memiliki pengetahuan bahwa kemampuan akan bahan ajar yg
sudah disiapkan?
Pertanyaaan
saya ske: MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?
1. Guru
lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2. Siswa
dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa
dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa
tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa
bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Nah
, ini sangat penting yang harus dipahami titik mengapa buku ajar ini wajib
diwujudkan oleh seorang guru?
Mengacu
pada TRILOGI
1. adanya
tujuan
2. Strategi
3. penilaian
Karena
syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah
mahasiswa/siswa-materi-guru/dosen.
APA
KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/ DOSEN?
1. Promosi
dan kenaikan pangkat
2. Mendapatkan
insentif
3. Financial-royalti
4. Eksistensi
diri
5. Media
ekspresi
6. Branding
personal dan instansi
7. Penguatan
keilmuan dan lain-lain. Eksistensi diri
Nah,
banyak sekali keuntungannya bagi diri kita. Guru adalah sebagai agen aktivitas
pembelajaran.
CAPAIAN PEMBELAJARAN ?
Guru
adalah sebagai Peneliti dan Pembelajar. Pengalaman dan Kurikulum sebagai
pegangan kita dalam menulis buku ajar. Guru membuat RPS/Silabus dan Desain
pembeljaran sebagai langkah awal untuk memulai semua mata pelajaran yg di
desain itu sama dengan ouline calon buku kita. nah kita akan menghasilkan buku
ajar, Buku modul dan diktat. Seorang guru juga sebagai PENELITI? makan akan
menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk mjd buku
JENIS JENIS BUKU AJAR
1. Buku
ajar
2. Buku
modul
3. Diktat
4. Petunjuk
praktikum
5. Naskah
tutorial
Kalau buku hasil
penelitian/pemikiran antara lain menghasilkan:
1. Buku
referensi
2. Monograf
BAGAIMANA DENGAN BUKU
AJAR VS BUKU TEKS ?
Buku Ajar pada umumnya:
1. Ditulis
dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
3. Disusun
berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya
berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada
pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu
memberikan rangkuman.
7. Kepadatan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas
untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10. Mencantumkan
petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis
terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak
selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun
secara linier.
4. Strukturnya
berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum
tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum
tentu ada rangkuman.
7. Materi
buku teks sangat
8. Dikemas
untuk dijual secara umum.
9. Tidak
ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10. Tidak
memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
Nah, sekarang tinggal
pilih mana yang sesuai dan dibutuhkan apakah untuk kepentingan pribadi atau
siswa.
CARA MENYUSUN BUKU AJAR
1. PENATAAN
INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen
melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran
berdasarkan RPS yang telah disusun
2. PENGEMASAN
KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan
pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan
kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. MENULIS
SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis
sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu
Ada
istilah: PROSEDUR KOMPILASI
Kumpulkan
seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam
mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
Tentukan
bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain
yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi
seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Pilahlah
hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
Buatlah/tulislah
halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan
Kajian/BAB.
6. Bahan-bahan
yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi
(selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
7. Buatlah/tulislah
pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang
sudah dikompilasi tersebut.
PROSEDUR
PENGEMBANGAN KEMBALI
INFORMASI
Informasi
yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan disusun kembali
ditulis ulang, dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk buku ajar
(digubah). Kemudian ditambahkan kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.
Pertimbangan
penulisan buku ajar oleh guru/dosen ( menulis
sendiri ) ???
Guru
merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). Guru mempunyai
kemampuan menulis, Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang
dibinanya. Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran Nah guru adalah pakar
bagi dirinya sendiri yaaa ini skill kita sebenarnya ga bisa tertandingi dg
profesi pekerjaan yg laina, bangga menjadi guru
PRINSIP - PRINDIP
PEMILIHAN BUKU AJAR
1. PRINSIP
RELEVANSI
Materi
pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya
pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika
kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka
materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. PRINSIP
KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi
pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik
dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang
harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus
dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP
KECUKUPAN
Materi
yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai
kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak
boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai
capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu
banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya.
Materi Terakhir
SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari
penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt
menata outline buku kita sendiri yaitu:
BAB 1 Pendahuluan
•
Penyajian
•
Penutup
•
Daftar Pustaka
•
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran :
Prakata
•
Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi
Mahasiswa
•
Identitas Mata Kuliah
•
Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
•
Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
•
Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
•
Kemampuan Akhir
•
Indikator
Pendahuluan, terdiri
dari:
•
Deskripsi singkat berupa gambaran umum
tentang cakupan bab tersebut.
•
Relevansi antara bab tersebut dengan
pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.
Penyajian:
•
Uraian atau penjelasan materi (sesuai
dengan jenis
•
materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
•
Ilustrasi yang sesuai dengan uraian
materi.
•
Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs
setelah
•
membaca uraian materi.
•
Rangkuman/ringkasan dari konsep atau
prinsip yang dibahas.
Penutup, terdiri
dari:
•
Penilaian, konsisten dengan rumusan
indikator dan Kemampuan Akhir.
•
Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri
hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
•
Tindak lanjut.
diperlukan juga: DAFTAR
PUSTAKA
SENARAI, berupa daftar
istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR INDEX (jika
diperlukan).
Nah , berakhir sudah
materi malam ini tentang menulis buku ajar. Materinya luar biasa keren, daging
semua ibu muda, terima kasih atas ilmunya.
C. Penutup
Narasumber
menutup pertemuan malam ini dengan sebuah pantun. Tak lupa beli piring melamin
sampai jumpa hadirin semuanya semoga bertemu di kesempatan yang lain
Salam literasi
Bandung, Senin 20 Februari
2023
Komentar
Posting Komentar